Rabu, 09 Maret 2011

7 Langkah Mempercepat Firefox dan Menghemat Memori

Assalamu'alaikum wr.wb.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah berbagi tips tentang cara Mempercepat Koneksi Internet kita, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menghemat memory agar firefox bekerja lebih optimal dan tentunya tidak memakan banyak RAM pada PC/laptop kita. Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa browser mozilla firefox banyak memakan memory komputer/laptop kita. Hal ini tentu saja membuat kinerja komputer menjadi lambat dan berpengaruh pada aktivitas kita di internet. (apalagi PC/laptop yang memiliki RAM dibawah 1GB).

Meski populer rupanya firefox bukan tergolong browser ringan. Browser yang satu ini tergolong tambun dan boros memory, karena menghabiskan resource komputer yang lumayan tinggi. Namun jangan khawatir dan lantas berpaling ke browser yang lain, karena firefox masih unggul dibanding dengan browser-browser yang lain, dan dengan sedikit tune up, firefox kesayangan anda bisa lebih optimal.


Buka mozilla firefox, pada address bar ketikan about:config kemudian enter, maka akan muncul tampilan seperti ini. Enter



Langkah berikutnya adalah sebagai berikut :
1. Batasi Kapasitas Cache Memori
    Setiap kali anda membuka sebuah halaman web, firefox otomatis akan menyimpannya dalam cache memori. Secara default firefox menggunakannya sebesar jumlah maksimal RAM yang anda miliki. itulah mengapa semakin banyak kita membuka web, memori komputer/laptop anda semakin habis terpakai. Cara untuk membatasinya klik kanan, new -> integer ketikan browser.cache.memory.capacity masukan angka 2048. 2048 artinya cache memori maksimal yang digunakan hanya 2 Mega. Anda juga dapat membatasinya dengan angka lain, namun usahakan kelipatan dari 1024.

2. Batasi Kapasitas Cache History
    Sama seperti cache memori, hanya bedanya peruntukan cache disini oleh Firefox lebih ditujukan untuk mempercepat loading halaman saat Anda menekan tombol back dan forward pada browser. Apabila Anda jarang memakai back dan forward, ada baiknya Anda set dengan nilai kecil guna menghemat memori. Pada filter ketikkan : browser.sessionhistory.max_total_viewers, ubah nilai -1 menjadi 3. -1 disini artinya adalah gunakan semaksimal RAM yang ada. Bukankah itu suatu pemborosan ???

3.  Batasi Kapasitas Cache Disk
     Secara default firefox menset ukuran cache disk sebesar 50 Mega. Tentunya ini sebuah pemborosan memori. Dengan menset sesuai keinginan kita dapat memberikan performa yang positf. Pada filter ketikan : browser.cache.disk.capacity ubah nilai 51200 menjadi sesuai kehendak kita. (usahakan kelipatan dari 1024). ex : 2048.

4. Disable Download History
    Ada baiknya anda menonaktifkan fitur history ini. Karena semakin banyak download history yang disimpan, maka akan menurunkan performa firefox. Tools --> Options --> Privacy, kemudian hilangkan pilihan pada "Remember what I;ve download".

5. Load Yang Perlu Saja    Secara default Firefox akan melakukan pre-download pada link halaman yang mungkin akan kita klik. Untuk menonaktifkan fitur ini ketikan pada filter : network.prefetch-next, dan ubah nilainya true menjadi false.

6. Download dan Segera Tampilkan
    Ini mungkin berguna untuk anad yang tidak sabaran. Karena pada umumnya firefox akan menunggu beberapa saat setelah download untuk mulai menampilkan halaman yang dituju. Untuk memaksa agar firefox segera menampilkan halaman web yang di downloadnya, caranya ketikan pada filter : nglayout.initialpaint.delay ubah nilainya menjadi 0. Jika tidak ada, buat baru dengan klik kanan, new -> integer -> nglayout.initialpaint.delay -> 0.

7. Minimize firefox

    Maksudnya disini adalah setiap kali firefox di minimize, secara otomatis memori yang di pakai akan di lepas/di bebaskan sementara, sehingga dapat dipakai untuk proses aplikasi lainnya. Caranya klik kanan, new  -> boolean -> config.trim_on_minimize -> set nilainya true.

>> Kemudian jangan lupa restart firefoxnya :)



Semoga bermanfaat :)
dikutip : dari berbagai sumber

Wassalamu'alaikum wr.wb

0 comments:

Posting Komentar

Mohon menggunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya akan langsung dihapus.
Laporkan jika ada link yang tidak berfungsi/broken

 
CYBERX-RAW powered by blogger.com
Design by Simple Diamond Blogger Templates